Kamis, 04 Agustus 2011

Aristoteles dan Rene Descrates

Aristoteles
Apakah kalian pernah mendengar mengenai aristoteles ? Siapakah dia ? Aristoteles adalah seorang filosof Yunani pada abad 4 SM. Aristoteles dilahirkan diStragira, Macedonia pada tahun 384/385 SM. Untuk menyelesaikan pendidikannya pada umur 17 tahun Aristoteles pergi ke Athena belajar di Akademi Plato dan menetap di sana selama 20 tahun sebagai murid Plato. Sepeninggal Plato ia mendirikan sekolah di Assus. Salah satu karya Aristoteles adalah Logika yang berisi: pengertian, keputusan, pembuktian, silogisme, dan lain-lain. Inti ajaran Aristoteles mengenai logika adalah Silogisme, yaitu keputusan kedua yang tersusun sedemikian hingga melahirkan keputusan yang ketiga. Logika yang dikemukakan oleh Aristoteles dikenal sebagai logika deduktif(deduktif reasoning)yang bahkan sampai saat ini masih dianggap sebagai dasar dari setiap pembelajaran tentang logika, meskipun demikian dalam penelitian ilmiahnya ia menyadari pula pentingnya observasi, eksperimen dan berpikir induktif(inductive thinking) . Dalam dunia islam logika di kenal dengan mantiq, filosof islam yang terkenal adalah Al-Faraby.
Perkembangan selanjutnya terjadi pada abad ke 18 M, G.W. Leibniz, seorang ahli matematika berkebangsaan Jerman, pertama kali mempelajari logika simbolik. Ahli matematika yang lainnya berjasa dalam pengembangan logika simbolik adalah George Boole, Leonard Euler, John Venn, dan Bertrand Russel.
Mengapa kita perlu belajar logika? Apakah logika bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari? Melalui logika kita da pat mengetahui kebenaran suatu pernyataan dari suatu kalimat dan mengetahui apakah pernyataan pertama sama maknanya dengan pernyataan kedua .
Misalkan , apakah pernyataan “ jika sekarang adalah hari minggu maka sekolah libur” sama artinya dengan “jika sekolah libur maka sekarang adalah hari minggu.”? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu kita mengetahui aturan-aturan logika. Contoh lain, misalkan ada 2 pernyataan “jika anak pandai maka berprestasi dikelas”,”jika ia berprestasi sikelas maka ia disayangi guru-gurunya. Lalu apakah kita dapat menyimpulkan jika ia anak pandai maka ia disayangi guru-gurunya?
Banyak hal yang perlu kita pelajari dan perlu kita ketahui mengenai logika. Dengan logika kita dapat mengetahui apakah suatu pernyataan bernilai benar atau salah. Jika kalian ingin mengetahui jawaban dari permasalahan diatas atau ingin mengetahui lebih dalam mengenai aturan-aturan yang berlaku dalam logika dapat kita pelajri lebih rinci pada materi tentang logika.

Rene Descrates
Rene Descrates dikenal sebagai ahli filsafat modern pertama yang besar. Ia juga penemu biologi modern, ahli fisika, dan matematikawan. Descrates lahir di Touraine, Perancis, putra dari seorang ahli hokum. Ayahnya mengirimnya ke Jesuit pada umur delapan tahun. Pada umur 20 tahun, ia mendapat gelar serjana hokum dan ia juga ahli matematika. Selanjutnya ia menjalani kehidupan di Paris dan kemudian di Belanda. Ia pergi ke Swedia diundang untuk mengajari Ratu Christina, dimana ia meninggal karena pneumonia pada tahun 1650. Descrates menyelidiki suatu metode berpikir umum yang akan memberikan pengetahuan. Penyelidikannya itu mengantarkannya pada matematika yang ia simpulkan sebagai sarana pengembangan kebenaran disegala bidang. Karya matematika yang paling berpengaruh adalah La Geometrie, yang diterbitkan tahun 1637. Bersama dengan orang Perancis lainnya, Pierre Fermat (1601-1665). Ia diberi pujian dengan gabungan tersebut yang saat ini kita sebut geometri analitik, atau geometri koordinat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Logo Design by FlamingText.com